Rabu, 21 April 2010

Perbedaan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika

So, temen-temen pasti ada yang masih bingung kan tentang apa sih bedanya ilkom, SI, dan TI? by the way aku juga ngga tau sih sebenernya cuman aku pengen aja berbagi info sama temen-temen semua apa sih bedanya ketiga jurusan yang jadi favorit di Universitas terkenal di Indonesia.

1. Ilmu Komputer
okeh dimulai dari ilmu komputer, menurut Wikipedia ilkom tuh ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Nah itu buat definisi umum aja, sebenernya sih kalo menurut beberapa buku yang aku baca Ilkom itu adalah campuran dari jurusan Teknik Komputer (lebih banyak mempelajari hardware) dan Teknik Informatika (lebih banyak mempelajari software). Materi yang dipelajari juga bejibun deh, jadi kalo yang mau memperdalam gimana itu komputer masuk aja Ilkom. Dan pastinya buat orang-orang yang otaknya cuma biasa dipake buat nonton film aja kaya aku mending mikir sampe 100x deh buat masuk Ilkom. Masuk susah, kuliah susah, keluar apalagi... ampuunn... Nah buat cabang-cabang dari pembelajaran Ilkom tuh seperti ini :
1. Dasar Matematika
2. Teori Ilmu Komputer
3. Perangkat Lunak
4. Organisasi Sistem Komputer
5. Data dan Sistem Informasi
6. Metodologi Komputasi
7. Aplikasi Komputer
8. Lingkungan Komputasi
Haha.. modyarr... ya itu sih cuma info belaka, yaa buat yang udah keterima di Ilkom sih aku ucapkan selamat... dan turut berduka cita... tapi sih kalo bisa lulus dengan IP diatas 3,5 sih aku bakal acungin 5 jempol hehe.. okeh okeh itu cuma sebagian aja dari yang aku tahu dari Ilkom semoga bisa jadi acuan buat kalian, bukannya sih bikin kalian jadi patah semangat malah justru kalo kamu bisa buktiin kamu bisa sukses di Ilkom tersebut ya aku cuma bisa bangga jadi teman kalian dan aku bakalan angkat topi deh buat kesuksesan kalian.

2. Sistem Informasi
Kalo yang ini sih lebih jurusan informatika yang lebih ke arah penguasaan perangkat dan penguasaan sosial. Gimana cara memanajemen informasi-informasi itu jadi sesuatu yang lebih berguna buat orang banyak. mungkin sih.. aku juga kurang yakin dengan apa yang aku omongin, hehe.. Jadi kita diajari lebih ke manajemennya, buat yang ini sih gampang engga susah iya. Tapi tenang sih buat SI ngga semengerikan Ilkom. Ya itu asumsi aku sih.. kalo asumsi orang lain kan beda-beda. Jadi buat yang suka dengan benda yang namanya komputer dan suka ngomong kaya aku, hehe.. ya aku saranin buat kesini aja daripada Ilkom apa TI. Bahan pembelajarannya ya meliputi Pengantar Teknologi Informasi secara umum (ya spesifik sedikit lah) dan juga Manajemen. Kita dididik untuk jadi orang yang pinter ngomong dan memanajemen sesuatu serta pintar dalam mengolah teknologi informasi. Mungkin ini belum cukup memuaskan buat kalian tapi aku berusaha memberikan informasi yang terbaik buat kalian.

3. Teknik Informatika
Buat TI sih aku ngga tau banyak, yang pasti ini jelas masih berhubungan dengan komputer. yaeyalah.. TI... TI... TI... ups.. pikirane aja ngeres disit. Emm kembali ke topik aja deh, TI itu lebih mempelajari komputasi matematis. Apa itu komputasi matematis? Adalah pelajaran tentang bagaimana cara menguasai bahasa pemrograman, logika-logika yang sering dipake dalam pemrograman. ampun deh kalo sama yang satu ini, Tapi ngga semuanya tentang matematika, logika dan sebangsanya. Disini juga diajari gimana cara ngerancang desain informasi, gimana cara bikin software yang bermutu, gimana cara ngedesain sebuah web biar jadi menarik buat dikunjungi, dan masih banyak lagi yang menyenangkan deh. Tapi yang jadi modal utama dalam prodi ini yaitu "MATEMATIKA" jederrr... yaeyalah.. orang lebih sering mempelajari tentang komputasi matematis nah dari situ aja dah keliatan gimana tuh kuliahnya. haha.. ya mungkin segitu dulu aja deh buat TI ngga usah kebanyakan

That's enough temen-temen. ya mungkin itu cukup buat jadi pertimbangan kalian buat milih Ilkom, SI, apa TI. Sekarang tergantung kalian, aku sih ngga mencoba mempengaruhi buat masuk apapun. Pilih sesuai dengan kemampuan dan kemauan kalian mau jadi apa besok karena ingat lagu susan besok gede mau jadi apa? Itu pertanyaan yang paling mendasar (kata babeh gue). Semoga informasi yang aku kasih barusan bermanfaat buat kalian ke depannya nanti. Amin...


Writer,



Yanar Rahman

0 komentar:

Posting Komentar